Kesalahan Saat Tawaf Di Ka’bah

Itulah pentingnya ilmu sebelum beramal, semakin banyak mengaji tentu akan mendapat banyak pengetahuan tentang amal ibadah yang dikerjakan. Oleh karena itu penyelenggara ibadah haji selalu mengadakan pengajian manasik sebelum memberangkatkan peserta ibadah umroh maupun haji, tujuan agar tidak terjadi kesalah dalam mengerjakan ibadah umroh maupun haji, selain itu buku panduan menjadi pengingat bagi para peserta dan tidak boleh ditinggalkan.

Di bawah ini adalah beberapa kesalahan saat ibadah umroh :

  1. Perlu di fahami bahwa mengerjakan tawaf itu di mulai dari hajar aswad hingga 7 kali putaran. Namun ada beberapa kasus mengerjakan tawaf tidak di mulai dari hajar aswad, mereka beranggapan yang penting bisa mengelilingi ka’bah selama 7 kali putaran berarti sudah sah dan dapat mengejakan rukun lainnya.
  2. Bentuk ka’bah memang seperti kubus, tapi untuk mengerjakan tawaf harus di luar hijir ismail bukan dari dalam hijir ismail. Ini termasuk kesalahan kedua ketika tawaf lewat bagian dalam hijir ismail bukan dari dalam. Ada beberapa orang yang beranggapan dari pada susah-susah berdesakan mending lewat bagian dalam hijir ismail, ini termasuk keliru.
  3. Karena alasan tergesa-gesa atau takut tertinggal dengan temannya mereka mengerjakan tawaf dengan lari kecil sebanyak 7 kali putaran. Padahal hal tersebut tidak disunahkan oleh rasulullah, cara tawaf yang benar adalah 3 kali lari kecil dan 4 kali jalan biasa. Dalam hadist rasulullah tidak memerintahkan untuk berlari pada 7 kali putaran karena belas kasihan pada umatnya.
  4. Berebut untuk mencium hajar aswad, padahal rasulullah telah memberikan contoh mulai dari mencium, menyentuh dan isyarah. Jika keadaan tidak memungkinkan untuk mencium hajar aswad sehingga berdesakan, saling dorong bahkan sampai mengumpat maupun mengucapkan kalimat kotor bukannya menambah fahala namun akan mengurangi nilai ibadah umroh dan hajinya.
  5. Selain berebut mencium hajar aswad juga ada beberapa orang yang berlebih-lebihan terhadap hajar aswad maupun ka’bah, mereka mencium hajar aswad dan mengoles-oleskan ke seluruh tubuhnya dan ada juga yang menciumi seluruh tembok ka’bah, ini adalah kesalahan yang sangat fatal.

Dari beberapa kesalahan ibadah umroh tersebut bisa menjadi peringat kepada agar berhati-hati dalam beribadah, dan tidak boleh berlebih-lebihan dalam beribadah, yang menjadi ukuran adalah perintah Allah SWT dan pentunjuk dari rasulullah.

Incoming search terms:

  • hal2 yang membatalkan tawaf
  • mencium kabah saat thowaf
  • perkara membatalkan tawaf
  • yang membatalkan thawaf

Leave a Reply