Ka’bah dan Masjidil Haram
Ka’bah dan Masjidil Haram

Tempat Istimewa di Mekah Medinah

Posted on

Mengerjakan umroh dan haji tidak hanya dapat mengerjakan rukun islam yang ke 5 namun kita dapat menyaksikan sendiri tempat-tempat bersejarah yang sering kita dengan saat pengajian di majlis ta’lim. Kita bisa melihat secara langsung bagiamana bentuk ka’bah, hajar aswad, hijir ismail, maqom Ibrahim dan tempat-tempat lainnya. Selain itu kita akan semakin yakin dengan cerita-cerita tersebut, Berikut ini adalah beberapa tempat yang memiliki nilai sejarah tinggi :

Ka’bah dan Masjidil Haram

Ka’bah adalah baitul atiq yang dipugar oleh Nabi Ibrahim yang dibantu oleh anaknya, pada saat Nabi Muhammad berusia kurang lebih 30 tahun penduduk mekah malakukan renovasi karena bajir besar yang melanda kawasan mekah. Ketika mereka akan meletakan hajar aswad, semua kabilah merasa paling berhak untuk memasang hajar aswad, singkat cerita Nabi Muhammad sebelum di angkat menjadi rasul di panggil untuk menengahi permasalah tersebut, lantas Nabi Muhammad menyarankan untuk menggelar sorban dan Nabi Muhammad meletakan hajar aswad di tengah-tengah sorban supaya di angkat semua kabilah.

Sofa dan marwah

Kalau mengulang lagi cerita tentang sofa marwah tentu kita tidak bisa menahan air mata, kala itu Ibu Hajar ditinggalkan oleh Ibrahim di sekitar sumur zam-zam, saat buah kurma dan air dalam geriba habis ismail menangis terus karena air susu sudah tidak bisa keluar lagi. Hajar pergi ke gunung sofa dan marwah sebanyak 7 kali putaran dan tidak juga menemukan air, saat itulah malaikat jibril datang untuk membuatkan sumur zam-zam.

Gunung uhud / jabal uhud

Gunung uhud menjadi saksi bisu kekalahan umat islam ketika menghadapai kaum kafir pada tahun 3 hijriah. Saat kita ziarah akan menemukan posisi pasukan perang yang turun karena terpengaruh dengan rayuan setan dan saat itulah pasukan kafir menyerang dari arah belakang.

Masjid Nabawi

Biasanya peserta ibadah umroh maupun haji tidak lapas dari masjid nabawi yang ada di madinah, dimana keutamaan shalat di masjid nabawi adalah 1 sholatan di masjid nabawi lebih baik daripada 1000 sholat di selain masjid nabawi kecuali masjidil harom.

Dan masih banyak lagi tempat-tempat istimewa dan bersejarah di mekah medinah yang akan kita jumpai di sana.

Incoming search terms:

  • tempat tempat bersejarah di mekah
Gravatar Image
Alhamdulillah Allah SWT telah memberikan Qodar bisa menjalani ibadah Umroh dan ingin berbagi tentang perjalan umroh yang pernah saya jalani :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *