Persiapan Sebelum Berangkat Ibadah Umroh

Tidak hanya yang tua saja namun jamaah yang masih mudah perlu memiliki persiapan sedini mungkin sebelum berangkat ibadah umroh. Sebagaimana kita ketahui bahwa ibadah umroh memiliki banyak kefadolan yang tidak bisa di raih kecuali harus dengan mengerjakan umroh. Antara lain mengerjakan umroh menjadi penghapus dosa diantara umroh, mengerjakan ibadah umroh menjadi pengganti jihad bagi wanita dan orang-orang yang lemah, menjadi tamu-tamu allah dan doanya mustajab, bila mengerjakan umroh di bulan ramadhan pahalanya seperti mengerjakan ibadah haji bersama nabi dan masih banyak lagi fadhilah yang terdapat dalam ibadah umroh.

Apa saja yang dipersiapkan sebelum berangkat ibadah umroh?

Sehat jasmani dan rohani

Ternyata sehat jasmani tidak bisa menjadi jaminan berhasil mengerjakan ibadah umroh apabila tidak dibarengi dengan kesehatan rohani. Sehat jasmani meliputi kesehatan tubuh dan rohani meliputi psikologis seseorang hal tersebut bisa di jaga dengan banyak mengerjakan olah raga dan taqarub kepada allah seperti banyak mengaji dan ibadah pada sepertiga malam yang akhir.

Memiliki biaya kendaraan dan bekal

Rasulullah telah memberikan syarat bahwa yang memiliki kewajiban beribadah haji adalah orang-orang yang memiliki biaya baik untuk kendaraan maupun bekal. Demikian juga dengan umroh hanya saja ibadah umroh itu adalah sunah, apabila tidak mengerjakan tidak di ancam apabila mati maka matinya seperti mati jahiliyah.

Apabila dua syarat tersebut telah dipenuhi maka persiapan berangkat ibadah umroh anda telah maksimal. Dan perlu menjadi catatan pilihlah biro perjalanan ibadah haji dan umroh yang terpercaya, telah terdaftar di departemen agama, ijin PT, SIUP dan dokumen-dokumen lainnya yang menjadikan perusahaan tersebut resmi dan legal. Selain itu anda perlu mencari testimoni dari orang-orang yang telah menggunakan jasa tersebut sehingga anda bisa mempersiapkan apa saja yang diperlukan sebelum berangkat ibadah umroh. Misalnya biro perjalanan A menyediakan koper atau pakaian ihrom secara gratis sedangkan biro perjalanan B tidak menyediakan koper atau pakaian ihrom gratis. Yang terahir bawalah obat-obatan maupun jamu yang biasa di gunakan saat di tanah air, misalnya obat batuk, obat sakit kepala, obat pilek dan lain-lain, ini semua untuk mempermudah kelancaran serta kenyamanan ibadah umroh.

Leave a Reply