Cara Memakai Pakaian Ihrom

Cara memakai kain ihrom

Memakai kain ihrom untuk laki-laki dan perempuan tentu berbeda jauh. Wanita tetap harus menutup anggota tubuh yang menjadi auratnya termasuk memakai jilbab, sedangkan bagi laki-laki penutup kepala tetap tidak di perbolehkan apakah itu topi, peci, songkok dan lain-lain, jika alasan panas maka alternatifnya bisa menggukanan payung yang tidak menutup pada kepala. Berikut ini adalah memakai kain ihrom yang benar sesuai dengan syariah.

Cara Memakai Pakaian Ihrom

Cara Memakai Pakaian Ihrom

Yang perlu diperhatikan pertama-tama adalah kain ihrom itu terdiri dari dua lembar yang tidak terdapat jahitan sama sekali. Kain pertama sebagai penutup bagian bawah dan kain kedua sebagai selendang yang di sampirkan yang menutup pundak bagian kiri dan seluruh pundak harus tertutup ketika sedang mengerjakan shalat.

Ketika mengerjakan ibadah haji dan umroh tidak boleh memakai jenis pakaian apapun kecuali pakaian ihrom, selain itu tidak boleh menggunakan minyak wangi, penutup kepala, sandal di atas mata kaki. Pertama-tama untuk memakai pakaian ihrom bagian bawah laki-laki seperti halnya memakai sarung dan diperbolehkan menggunakan minthoqoh atau ikat pinggang, kalau di Indonesia mungkin bisa disebut dengan ikat pinggang betawi ala jawara.

Sebelum memakai kain ihrom sunahnya mandi seperti mandi jinabat, memakai pakaian ihrom, shalat 2 rokaat dan membaca niat umroh atau haji sambil menghadap kiblat,bacaan bisa setelah selesai shalat maupun ketika akan berangkat.

Berikut ini adalah dalil yang melarang memakai beberapa jenis pakain bagi yang memakai kain ihrom :

يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا يَلْبَسُ الْمُحْرِمُ مِنَ الثِّيَابِ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – « لاَ يَلْبَسُ الْقُمُصَ وَلاَ الْعَمَائِمَ وَلاَ السَّرَاوِيلاَتِ وَلاَ الْبَرَانِسَ وَلاَ الْخِفَافَ ، إِلاَّ أَحَدٌ لاَ يَجِدُ

نَعْلَيْنِ فَلْيَلْبَسْ خُفَّيْنِ ، وَلْيَقْطَعْهُمَا أَسْفَلَ مِنَ الْكَعْبَيْنِ ، وَلاَ تَلْبَسُوا مِنَ الثِّيَابِ شَيْئًا مَسَّهُ الزَّعْفَرَانُ أَوْ وَرْسٌ »

Ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah, Wahai Rasulullah, apa saja yang dipakai oleh orang yang berihrom? Rasulullah SAW berkata : Orang yang berihrom tidak boleh memakai baju kurung, sorban, celana panjang, baju burnus (baju yang gandeng dengan tutup kepala) tidak boleh memakai muzah kecuali tidak menjumpai dua sandal maka boleh memakai muzah akan tetapi harus di potong lebih rendah dari dua mata kaki dan tidak boleh memakai pakaian apapun yang tekena minyak wangi ataupun minyak wars.

Incoming search terms:

  • pakaian ihram lelaki

Leave a Reply