Ibadah Umroh dan Persiapannya

Seiring dengan perkembangan ekonomi penduduk muslim Indonesia mengakibatkan antrian ibadah haji menjadi semakin panjang, tidak hanya satu atau dua tahun namun bisa mencapai sepuluh tahun lebih. Oleh karena itu mengerjakan ibadah umroh menjadi pilihan kedua sambil menunggu antrian keberangkatan ibadah haji.

Untuk itu perlu dilakukan beberapa persiapan sebelum berangkat ke tanah suci agar rencana berjalan dengan matang tidak ada halangan satupun. Setidaknya ada delapan tahapan persiapan sebelum berangkat antara lain :

Niat

Didalam ibadah perlu memperhatikan niat secara benar agar diterima oleh Alloh SWT. Luruskan niat hanya mengharap rahmat allah, mencari pahala sebanyak-banyaknya agar terhindar dari adzab Alloh. Sebaiknya kesampingkan niat agar di sebut pak haji atau kalau sekarang lebih mengutamakan foto selfie yang akan mengurangi bobot dari ibadah umroh itu sendiri.

Latih fisik sedini mungkin

Walaupun belum jelas kapan bisa berangkat ibadah umroh atau haji, sebaiknya sedini mungkin menjaga kesehatan tubuh dan fisik harus kuat, karena cuaca di tanah suci berbeda dengan di Indonesia, disana lebih panas dan lebih ekstrim. Usahakan berolah raga setiap pagi atau paling tidak tiga kali selama seminggu untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat.

Perbanyak mengaji tentang umroh

Apabila sudah khatam berkali-kali kitab-kitab dan panduan umroh sebaiknya selalu di baca dan diperdalam, terutama bisa menghafal doa-doa yang harus di baca dalam rangkaian ibadah umroh. Mulai dari niat sebelum berangkat umroh, doa ketika berada di ka’bah,di atas gunung sofa marwah dan sebagainya.

Tentukan target apa yang akan di lakukan ketika umroh

Biasanya ketika selesai mengerjakan ibadan umroh banyak yang menggunakan waktu tersebut untuk jalan-jalan maupun ziarah ke tempat-tempat bersejarah. Hal tersebut boleh-boleh saja namun perlu menjadi pertimbangan bahwa shalat di masjid nabawi maupun masjidil haram memiliki nilai pahala yang lebih besar dibandingkan shalat di masjid lainnya. Hal ini perlu menjadi salah satu target ibadah ketika berangkat ibadah umroh.

Persiapkan mental dan mengatur waktu

Sebelum berangkat sebaiknya mempersiapkan mental sebaik-baiknya sebab akan menjumpai hal-hal yang tidak di inginkan seperti antri toilet, berhadapan dengan orang-orang yang memancing amarah dan lain-lain. Jika tidak benar-benar siap dan sabar maka akan menganggu konsentrasi ibadah dan mengurangi nilai ibadah umroh. Sedangkan untuk mengatur waktu berhubungan erat dengan rutinitas ibadah, pertimbangan jauh dekat hotel dengan masjidil haram jika lebih jauh maka perlu mengatur waktu sebaik mungkin agar dapat melaksanakan shalat berjamaah di masjidil haram.

Leave a Reply