Keutamaan Umroh
Keutamaan Umroh

Subhanallah, Inilah Keutamaan Umroh

Posted on

Pengertian umrah

Pengertian umrah secara bahasa adalah berkunjung atau berziarah ketempat yang ramai, sedangkan menurut starah umroh berarti berkunjung ke tanah suci (k’bah) untuk melakukan ibadah. Ibadah umroh dapat dilaksanakan kapanpun tampa terikat oleh waktu, berbeda halnya dengan ibadah haji yang hanya dapat dilaksanakan pada musim haji atau pada bulan Dzulhijjah saja dan itupun hanya dapat dijumpai setahun sekali saja.

Pengertian umrah secara istilah

Pengertian umrah memiliki arti mengunjungi kota mekkah untuk melakukan ibadah seperti thawar dan sa’i dengan menjalakankan tata cara tertentu, atau umroh memiliki arti  lain yaitu mendatangi baitullah untuk melaksanakan ibadah umrah dengan rukun – rukun dan syarat – syarat tertentu. Perlu kita ketahui bersama bahwa antara umrah dan ibadah haji itu berbeda, ibadah haji hanya dapat dilaksanakan di bulan haji saja yaitu bulan dzulhijjah dan kewajiban menunaikan haji itu hanya sekali saja sedangkan ibadah umrah dapat dilaksanakan kapanpun dan dapat dilaksanakan berkali – kali. Jika seseorang itu mampu mengerjakan umrah di dalam setiap bulanya maka hal tersebut di perbolehkan, sebab di dalam ibadah umroh itu memiliki banyak keutamaan, sebagai mana yang telah disabdakan oleh rasul swa “Dari umrah ke umroh adalah penghapus dosa antara keduanya”

Ibadah umrah juga disebut hajjul asghar (haji kecil), umrah ini menurut bahasa adalah berkunjung  dan menurut sar’i yaitu berkunjung ke baitullah. Semua tata cara umrah telah di contohkan oleh rasull swa dan kita tidak diperbolehkan merubah tata cara umraah yang telah di contohkan atau diajari oleh rasulullah swa, kita hanya cukup mengikuti sesuai dengan yang telah diperaktekan oleh rasulullah swa kepada umatnya.

keutamaan umrah
keutamaan umroh

Keutamaan ibadah umrah

Setelah anda memahami pengertian umrah diatas, pembahasan selanjutnya adalah membahas tentang keutamaan umrah, karana umroh juga termasuk ibadah maka umrohpun pasti memiliki keutamaan – keutamaan tertentu. Berikut keutamaan mengerjakan ibadah umrah

  1. Sebagai Penghapus Dosa

Setiap manusia pasti tidak luput dari dosa, dia pasti memiliki dosa baik dosa yang disengaja maupun dosa yang tidak disengaja, dosa yang samar maupun dosa yang tampak. Dan setiap orang pasti mengharapkan jika dosa – dosa yang telah dikerjakanya diampuni oleh allah swt, karna dosa sekecil apapun pasti ada balasanya. Salah satu keutamaan mengerjakan ibadah umrah adalah dapat menghapus dosa. Hal ini sesuai dengan yang telah disabdakan oleh rasulullah swa yan berbunyi :

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: العمرةُ إلى العمرةِ كفَّارَةٌ لمَا بينَهمَا ، والحجُّ المبرورُ ليسَ لهُ جزاءٌ إلا الجنَّةُ

Dari Abu hurairah Ra, dari rasulullah swa bersabda : “Ibadah umroh ke ibadah umroh berikutnya adalah penghapus dosa di antara keduanya, dan haji yang mabrur tidak ada pembalasanya kecuali surga”

Maka dari itu ketika seseorang mengerjakan ibadah umrah maka seharusnya dia mengerjakanya dengan niat yang benar dan mampu menjalankan syariat – syariat yang telah di tentukan, agar kit memperoleh pahala dan juga mampu mendapatkan keutamaanya.

keutamaan umroh
  1. Orang yang mengerjakan ibadah umrah adalah tamu – tamunya allah yang Doanya dikabulkan

Ibadah haji dan umroh menjadi istimewa dan luar biasa karna orang yang melaksanakan ibadah haji ataupun ibadah umroh maka dia menjadi tamunya allah yang dimuliakan. Hal tersebutkan di dalam sabda rasulullah swa  yaitu :

“Orang yang mengerjakan haji dan umroh adalah tamu – tamu allah azza wa jalla  dan para pengunjungnya allah, mak jika dia meminta pada allah niscaya allah akan memberinya. Dan jika mereka minta ampun niscaya allah akan mengampuninya. Dan jika mereka minta syafaat niscaya mereka akan dibri syafaat” (Hadis ibnu majah)

  1. Allah akan mengampuni dosanya Sebagai Mana Bayi Yang Baru Saja Dilahirkan

Keutamaan umrah yang juga begitu luar biasa yaitu dia seakaan – akan seperti bayi yang baru di lahirkan  (dosa – dosanya diampuni). Hal demikian juga sebagai mana yang telah disabdakan oleh rasulullah swa :

“Barang siapa yang mengerjakan ibadah haji atau umrah ikhlas karna semata – mata karna allah swt tampa berbuat keji dan kefasekan, maka dia kembali tampa dosa sebagai mana bayi yang baru saja dilahirkan (HR. Bukhari dan Muslim)

  1. Umroh Merupakan Jihad Bagi Para Wanita

Jihad merupaka perintah dari allah dan rasul kepada koumnya. Allah memerintahkan orang – orang muslim supaya berjihad dengan hartanya, dirinya di dalam jalanya allah,  begitu pula rasululaah swa juga memerintahkan seperti demekian. Dizaman nabi jihad identik dengan perang dan pembelaan dan itupun dilaksanakan oleh para kaum laki – laki. Dan keutamaan dari jihad inipun begitu luar biasa salah satunya adalah bila seseorang itu mati dalam peperangan maka dia mati dalam keadaan mati sahit dan tempatnya adalah surga. Diriwayatka suatu ketika aisah istri nabi swa berkata kepada nabi : “Wahai nabi apakah kami tidak ikut berjihad saja (ikut berperang) karna keutamaanya begitu besar, lantas nabi iya, akan tetapi jihadnya para wanita yaitu dengan cara dia melaksanakan ibadah haji dan umrah”.

Maka bagi anda yang memiliki kesempatan dan juga mampu untuk mengerjakan ibadah haji dan umroh, maka segera laksanakanlah jangan sampai di tunda – tunda lagi.

pengertian umroh
keutamaan umroh
  1. Mendapatkan Pahala Shalat hingga 100.000 kali

Keutaman sholat di masjidil haram dan masjid nabawi berbeda dengan mengerjakan shalat di selain masjidl haram atau masjisd nabawi. Hal demikian sesuai dengan yang disabdakan oleh rasulullah swa yaitu :

“Shalat di masjidiku nabi (masjid nabawi), lebih utama seribu kali dibandingkan dengan mengerjakan shalat di selain masjid nabawi kecuali masjidil haram, Dan shalat di masjidil haram itu lebih utama seribu kali dibandingkan dengan shalat di selain masjidil haram”.

Inilah bukti bahwa allah itu maha pemurah terhadap hambanya, dan ini juga merupakan bukti bahwa allah itu maha mengangkat. Allah mengangkat derajad masjid nabawi dan masjidil haram yang mana mengerjakan sholat di dalamnya pahalanya berbeda dengan mengerjakan sholat di selain masjid nabawi dan masjidil haram. Dan kesempatan itu tentunya hanya dapat didapatkan oleh orang – orang yang berada di masjid nabawi atau masjidil haram dan termasuk didalamnya yaitu orang – orang yang mengerjakan ibadah haji ataupun umroh. Maka bagi jamaah yang memiliki kesempatan itu perbanyaklah mengerjakan sholat, sholat wajib maupun sholat sunah.

  1. Dapat Menjauhkan Dari Kefakiran Dan Dimasukan kedalam surga

Allah telah menjanjikan kepada orang yang mengerjakan ibadah haji maupun umrah yaitu akan dijauhkan dari kefakiran dan kemiskinan, dan allah juga menjanjikan surga baginya. Sesuai dengan yang telah disabdakan oleh rasulullah swa dalam sabdanya yaitu :

“Iringilah antara ibadah haji dan umrah karna keduanya meniadakan dosa dan kefakiran, sebagai mana alat peniup api menghilangkan kotoran (karat) besi, emass, dan perak. Dan tidak ada balasan balasan haji yang mabrur melainkan surga”. (HR.At Termizi).

Melihat keutamaan yang begitu luar biasa maka ketika jamaah melaksanakan ibadah haji atau umroh taatilahaturan yang telah disebutkan agar mendapatkan pahala dan keutamaan – keutamaan yang telah disebutkan diatas. Dan bagi jamaah yang mampu melaksanakan ibadah haji maupun umrah maka segera laksanakan jangan sampai menunda – nundanya.

Incoming search terms:

  • keutamaan umrah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *