Mandi Junub Persiapan Umroh

Beberapa Rangkaian Perjalanan Umroh yang Perlu di Ketahui

Posted on

Umroh adalah rukun islam no. 5 dan juga termasuk sebagai sunah nabi yang wajib dilakukan bagi orang yang mampu melaksanakannya, ibadah sunah satu ini tidak jauh beda dengan ibadah haji hanya beda sedikit saja dan yang pasti umroh mempunyai banyak keutamaan dan juga pahala yang besar bagi yang melaksanakannya dalam article ini saya akan membahas Beberapa Rangkaian Perjalanan Umroh yang Perlu di Ketahui:

  1. Mandi junub dan wangi-wangian

Mandi junub sangat dianjurkan sekali saat anda ingin pergi umroh itu semua untuk menghilangkan najis yang intinya menjadikan tubuh menjadi lebih suci dan jangan lupa pakailah wangi-wangian jika anda punya.

  1. Pakaian ihrom

Setelah mandi maka pakailah pakaian ihrom yang sudah anda siapkan bagi laki-laki pakai 2 lembar yang satu sebagai sarung dan yang satu sebagai penutup pundak dan bagi perempuan pakailah pakaian ihrom yang sudah disyariatkan islam dan tidak diperkenankan memakai cadar/penutup wajah dan juga sarung tangan.

  1. Miqat dan talbiah umroh

Saat anda sudah sampai di bandara/ditempat umroh maka ucapkanlah:

لَبَّيْكَ عُمْرَةً

Yang artinya : aku memenuhi panggilanmu untuk ibadah haji.

  1. Jika berhalangan

Jika takut atau berhalangan tidak bisa melaksankan umroh karena sakit atau yang lain, maka diperbolehkan mengucapkan kalimat diatas dengan kalimat:

اللَّهُمَّ مَحِلِّي حَيْثُ حَبَسْتَنِي

Yang artinya: ya allah tempat tahallul dimana saja engkau menahanku.

Saat anda mengucapkan kalimat ini saat anda berhalangan melaksanakan haji atau umroh maka dia diperbolehkan untuk melanjutkan haji dan umrohnya tanpa harus membayar “dam”(denda).

  1. Membaca talbiah

Setelah anda selesai membaca talbiah umroh maka dianjurkan membaca talbiah sebanyak-sebanyaknya bagi laki-laki membaca dengan mengeraskan sungguh dan perempuan tidak dikenankan dengan membaca keras sampai mereka tiba di mekah, berikut kalimatnya:

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ ، لَبَّيْكَ لَا شَرِيكَ لَك لَبَّيْكَ ، إنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَك وَالْمُلْكَ لَا شَرِيكَ لَك

Yang artinya: aku menjawab panggilanmu ya alloh aq menjawab panggilanmu, dan tidak ada sekutu bagimu aq menjawab panggilanmu, sesungguhnya segaja pujian, kenikmatan, dan kekuasaan itu milikmu dan tidak ada sekutu bagimu.

  1. Mandi saat ke mekah

Tentu saja setelah perjalanan jauh dari rumah ke bandara jika memang memungkinkan maka dianjurkan untuk mandi saat ingin ke mekah.

  1. Masuk masjidil harom

Saat anda masuk ke masjidil harom maka masuklah dengan kaki kanan sambal membaca do’a :

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Yang artinya: ya allah bukalah untukku pintu-pintu rahmatmu.

  1. Hajar aswad

Saat sudah masuk masjidil harom maka datanglah ke hajar aswad dan sentuhlah sambal membaca “allahuakbar” dan “bismillah allahuakbar” setelah itu cium lah hajar aswad jika memang tidak memungkinkan mencium hajar aswad karna banyaknya orang atau karna hal lain maka sentuhlah dan ciumlah tangan yang menyentuh hajar aswad dan kalau tidak memungkinkan menyentuh hajar aswad maka berisyaratlah seperti meneyenyuh hajar itu sudah cukup, dan ini dilakukan setiap thawaf.

  1. Thawaf

Lalu mulailah thawaf umrah 7 putaran dengan memulai dari hajar aswad dan berakhir di hajar aswad pula dan dianjurkan untuk berlari kecil di 3 putaran pertama dan berjalan biasa di 4 putaran terakhir dan lebih banyak lebih baik tentunya.

  1. Rukun yamani

Saat anda sedang thawaf atau berputar mengelilingi kakbah maka dianjurkan juga untuk menyentuh rukun yaman dan tidak usah di cium dan kalau tidak memungkinkan tidak menyentuh juga tidak apa-apa.

  1. Membaca doa

Ketika anda berada di hajar aswad dan rukun yamani maka di anjurkan membaca doa:

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Yang artinya: ya rabb kami, karuniakanlah pada kami kebaikan dunia dan kebaikan akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa nerakamu, (al-baqoroh:201).

  1. Berdoa di rukun yamani

Saat anda berada di rukun yamani setelah anda thawaf maka anda boleh membaca dzikir dan do’a sesuai keinginan kalian.

  1. Makam Ibrahim

Setelah selesai thawaf dan membaca doa maka datanglah ke makam Ibrahim sambal membaca:

وَاتَّخِذُوا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّى

Yang artinya: dan jadikanlah sebagian makam Ibrahim sebagai tempat shalat, (al-baqoroh: 125).

  1. Shalat di makam Ibrahim

Ketika anda sudah berada di depan makam Ibrahim maka sholatlah 2 rakaat, rakaat pertama membaca al-fatihah dan surat al-kafirun, dan rakaat kedua membaca al-fatihah dan al-ikhlas.

  1. Air zam-zam

Setelah sholat di makam Ibrahim maka dianjurkan meminum air zam-zam dan menyirami dirinya jika memungkinkan dia sumur zam-zam.

  1. Kembali ke hajar aswad

Setelah meminum air zam-zam maka datanglah ke hajar aswad lagi sentuhlah dan cium kalau tidak memungkinkan maka berisyaratlah seperti sebelumya.

  1. Sa’I di shafa marwah

Kemudian setelah thawaf di mekah maka datanglah ke bukit shafa dan marwah untuk melaksanakn sa’I, saat anda sudah sampai di bukit shafa maka membacalah:

إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ

Yang artinya: sesungguhnya shafa dan marwah adalah beberapa syairnya allah, (al-baqarah:158), Lalu di sambung membaca:

َبْدَأُ بِمَا بَدَأَ اللَّهُ بِهِ

  1. Menaiki bukit shafa

Ketika sudah membaca maka naiklah ke bukit shafa lalu menghadaplah ke kakbah jika memungkinkan maka bacalah:

اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ  (3x)

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ أَنْجَزَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ

Yang artinya: allah maha besar(3X), tiada tuhan selain allah yang maha esa, tiada sekutu bagi allah, miliknya lah segala kerajaan dan segala pujian baginya, dia yang menghidupkan dan mematikan, dia maha kuasa atas segala sesuatu.

Tiada tuhan selain allah yang maha esa, dialah yang telah melaksanakn janjinya, menolong hambanya dan mengalahkan sekutunya dengan sendirian. Bacaan ini diulang-ulang sebanyak 3 kali dan berdoa sesuai yang dia inginkan.

  1. Datang ke bukit marwah

Setelah selesai berdoa di shafa maka datanglah kebukit marwah saat melewati jalur 2 lampu hijau maka di anjurkan untuk lari kecil setelah itu jalan biasa setelah sampai di bukit marwah maka naiklah dan lakukan sama seperti no. 18, kemudian lanjutkan perjalanan (shafa ke marwah dihitung 1X) lakukanlah itu sebanyak 7X.

  1. Bercukur rambut

Setelah sa’I selesai maka di lanjutkan dengan memotong pendek rambut atau mencukur gundul rambut itu lebih afdhal bagi laki-laki dan bagi perempuan hanya cukup memotong rambutnya sepanjang 1 ruas.

  1. Penutupan umroh

Setelah selesai pencukuran rambut maka berakhirlah umroh anda dan anda diperbolehkan melakukan hal-hal yang dilarang dalam umroh.

Dan mungkin itu saja beberapa tata cara umroh yang benar dan baik dan terimakasih bagi anda yang sudah membaca semoga bermanfaat, sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *