Manfaat Umroh
Manfaat Umroh

8 Manfaat dan Keistimewaan Umroh

Posted on

Umroh ini memiliki arti berkunjung atau berziarah. Dan setiap orang yang sudah melaksanakan ibadah haji wajib melakukan umroh, perbuatan yang merupakan dari kesatuan ibadah haji. Dan ini sudah diterang kan oleh Allah pada surat Al-Baqarah : 196 yang mengandung arti Dan sempurnakan lah ibadah haji dan umroh karena Allah.

Dan mengenai hukum umroh, ada beberapa perbedaan pendapat. Imam Syafi`i hukumnya wajib. Menurut Mazhab Maliki dan Mazhab Hanafi hukum nya sunah mu`akkad (sunah yang dipenting kan).

Umroh hanya diwajibkan 1 kali saja, tetapi banyak yang melakukan umroh karena disukai, terlebih jika kita melakukan nya dibulan Ramadhan.

Ibadah Umrah ini menjadi pilihan yang paling banyak  bagi mereka yang belum berkesempatan untuk menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci. Apa lagi sekarang sistem haji di Indonesia menggunakan sistem kuota, jadi apa bila mau melaksanakan ibadah haji harus sabar menunggu.

Meski bukan yang utama, ibadah Umrah tak kalah istimewa nya dengan ibadah Haji. Agar lebih memahaminya saya akan berikan keistimewaan ibadah umroh.

Ibadah Umroh ini merupakan suatu ibadah yang mana dengan sengaja kita lakukan dengan cara mendatangi rumah Allah yaitu Baitullah atau Ka’bah tanpa terikat oleh waktu atau bulan seperti halnya ibadah haji yang hanya dapat dikerjakan pada saat bulan Dzulhijjah saja. Dengan tidak terikatnya oleh waktu dan bulan inilah menjadikan Ibadah Umrah telah menjadi banyak pilihan alternatif bagi para umat islam yang belum memeliki kesempatan untuk dapat melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci baik itu terkendala oleh biaya, waktu mendaftar yang cukup lama ataupun masalah lainnya, nah umrah ini lah solusinya.

Walaupun dapat dikatakan bahwasan nya ibadah umroh bukan ibadah yang utama dan tidak termasuk kedalam rukun islam. Tetapi seharusnya Anda mengetahui nya bahwa ibadah Umrah tidak lah kalah istimewa nya dengan ibadah Haji. Nah, kini Anda menjadi penasaran apa saja sih keistimewaan ataupun manfaat yang Anda peroleh dalam hal menjalankan ibadah umroh:

  • Ibadah Umrah yang satu kepada Umrah berikutnya sebagai Kaffaroh atau penghapus dosa.

Allah SWT akan menghapus kan dosa-dosa kita dengan mengerja kan melaksana kan Umrah. Sederhananya begini, bila 5 atau 10 tahun lalu kita sudah melaksanakan Ibadah Umrah, dan selanjutnya ada kesempatan lagi untuk melakukan Umrah, maka dosa-dosa kita di antara kedua waktu Umrah tersebut akan diampuni oleh Allah SWT.

  • Umrah ini adalah jihad bagi para wanita

Para ibu – ibu dan kaum wanita pada umumnya mereka yang lemah fisik pada masa Rasulullah SAW, tak bisa ikut berperang atau berjihad. Tetapi mereka masih mendapatkan fadillah pahala dari jihad dengan cara melaksanakan ibadah Umrah.

  • Jamaaah Umroh adalah tamu Allah yang doa nya akan dikabulkan

Ibadah Haji dan Umrah menjadi istimewa karena orang yang datang ke Tanah Suci ini untuk menunaikan ibadah, dan mereka adalah tamu Allah SWT. Begitulah biasa disebut dan memang Rasulullah SAW yang menyebutkan nya demikian. Jemaah Haji dan Umrah adalah tamu undangan dari Allah SWT sehingga apa yang diminta sang tamu akan dikabulkan oleh-nya. Ini adalah bentuk keistimewaan yang paling istimewa.

  • Wafat ketika menjalankan Umroh akan dicatat sampai hari kiamat

Keutamaan bagi orang-orang yang wafat ketika dalam perjalanan untuk melaksanakan ibadah Haji atau pun Umroh, serta keutamaan bagi orang yang wafat dalam keadaan berihram (di tengah pelaksanaan ibadah Haji dan Umrah) adalah mendapatkan anugerah dan pahala nya akan dicatat sampai hari kiamat. Semuanya sudah di jelaskan dalam quraan dan khadist.

  • Ibadah Umrah bisa menghilangkan dari kemiskinan

Bila kita melihat saudara kita yang setelah pulang dari Haji atau Umrah maka terlihat kehidupan nya semakin baik, rezeki nya mengalir terus dan keluarga nya akan bertambah berkah, itulah salah satu fadillah dari ibadah tersebut. Seluruh biaya yang digunakan untuk berangkat Haji dan Umrah akan diganti oleh Allah SWT dengan biaya ya yang sangat berlipat-lipat.

  • Fadillah pahala satu kali Umrah dengan salat dua rakaat di Masjid Quba.

Ketika kita Shalat di Masjid Quba kita akan memiliki keutamaan tersendiri. Menurut Hadits Nabi SAW yang diriwayat kan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, dia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: ” Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia salat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala Umrah” . (HR. Tirmizi no. 298, Ibnu Majah no. 1401)

Masjid Quba ini terletak di luar kota Madinah. Jadi, mengingat fadillah salat di Masjid Quba yang sangat besar, maka bila kita sudah berada di Madinah dalam rangka menjalankan ibadah Umrah atau Haji, jangan sampai lupa dan jangan sampai tidak melakukan salat di Masjid Quba.

  • Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik di Mata Allah

Demikian juga dengan kita selesai melaksanakan ibadah umroh. Selain kita menjadi pribadi yang lebih baik kita juga akan lebih dekat kepada Sang Pencipta, mengisi waktu dengan lebih banyak beribadah, dzikir dan membaca Al Qur’an. Kelebihan dari rejeki yang kita miliki hendaknya bisa membuat kita menjadi lebih dermawan, berbagi dengan sesama manusia yang membutuhkan.

Kita telah diberikan kemampuan lebih baik dalam wujud harta dengan berhasilnya kita pergi ke Tanah Suci karena tidak semua orang yang mampu dan mau melaksanakan nya seyogya nya dapat kita jadikan ladang bersyukur, kita masih bisa diberikan kelapangan rejeki yang dapat kita manfaatkan untuk kebaikan.

  • Selama umroh bisa mendapatkan pahala sholat yang sangat luar biasa, hingga 100.000 kali.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda : “Shalat di masjidku, lebih utama seribu kali (dibandingkan) shalat di selainnya kecuali Masjidil Haram. Dan shalat di Masjidil haram lebih utama Seratus Ribu (dibandingkan) shalat di selainnya.“ (Hadits dishahihkan oleh Al-Mundziri dan Al-Bushoiry. Al-Albany berkata: “Sanadnya shahih sesuai persyaratan Bukhori dan Muslim, Irwaul Ghalil, 4/146).

Ini sungguh luar biasa. Fadhilah (keutamaan) Sholat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi merupakan bukti Allah SWT Maha Pemurah terhadap hambanya yang bersungguh sungguh mencari ridho dan ampunannya.

Munkin cukup sekian artikel di pagi hari ini mengenai Keistimewaan dari menjalankan ibadah umroh semoga artikel yang saya buat ini bisa membantu kalian dan juga bermanfaat bagi kalian semua. Dan tetap baca artikel – artikel selanjutnya dari saya. Dan jangan sampai ketinggalan artikel –artikeel terbaru dari saya. See You Again. Dan jangan lupa di like comment dan di share yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *