Penjelasan Umroh
Penjelasan Umroh

Umrah Lengkap Dengan Penjelasan Dan Pengertiannya

Posted on

Dengan kesempatan yang berbahagia ini saya akan berbagi sedikit ilmu kepada kalian yaitu tentang UMRAH. Apa itu Umrah? Pasti diantara umat islam seperti kalian sudah tau apa itu Umrah. Dan paling pentingnya lagi kalian pasti ingin sekali untuk pergi ke tanah suci, iya kan. Hmm, baiklah saya akan membahasnya sekarang walaupun kita ini belum pergi ketanah suci sebelumnya. Yaudah kita percepat aja ya, karna menurut kata pepatah “Lebih Cepat Lebih Baik”.

  • Penjelasan Umroh :

Umrah merupakan salah satu ibadah yang ada di dalam agama islam. Ibadah ini hampir mirip sekali dengan ibadah haji, ibadah ini dilaksanakannya dengan cara mengikuti langkah-langkah ritual yang ada di mekkah, dan khususnya berada di masjidil haram.

Dalam istilah syari’ah, Umrah melaksanakan tawaf yang berada di ka’bah dan juga di sa’I diantaranya shofa dan marwah, Setelah memakai ihram yang telah diambil di miqat. Tapi disebut dengan haji kecil.

Untuk perbedaan umrah dengan haji yaitu berupa tempat dan juga waktunya. Kalau umrah dapat dilakukan kapan-kapan saja dan hanya bisa dilakukan di mekkah, dan kalau haji dapat dilaksanakan oleh waktu yang ditentukan saja yaitu tanggal 8 Dzulhijjah sampai 12 Dzulhijjah dan juga dilaksanakannya samapai keluar kota mekkah.

  • Keutamaan Umroh :

Untuk umrah juga memiliki beberapa keutamaan, yaitu :

  1. Umrah Adalah Jihad Sebagaimana Halnya Ibadah Haji.

Aisyah waktu itu pernah berkata yaitu :

قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ عَلَى النِّسَاءِ جِهَادٌ قَالَ « نَعَمْ عَلَيْهِنَّ جِهَادٌ لاَ قِتَالَ فِيهِ الْحَجُّ وَالْعُمْرَةُ
Artinya ; “Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan ‘umroh.”

  1. Dapat Menghapus Dosa Diantara 2 Umrah

Rassulallah pernah bersabda, yaitu :

الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا ، وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

Artinya :“Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.”

  1. Umrah Dapat Menghilangkan Pada kefakiran

Rasulullah pernah bersabda, Yaitu:

تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِى الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ وَالذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَلَيْسَ لِلْحَجَّةِ الْمَبْرُورَةِ ثَوَابٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

Artinya:“Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.”

  • Ketentuan Umroh:

  • Wajib :

Untuk kewajiban ketika kita umrah yaitu :

  1. Supaya melakukan ihram terlebih dahulu sebelum memasuki miqat.
  2. Supaya bertahallul yaitu caranya menggundul rambut atau dengan cara memotong pada sebagiannya rambut.

Dan untuk keterangannya :

  1. Kalo meninggalkan rukun, maka umrohnya akan sia-sia dan tidak sempurna maka dari itu wajib untuk mengulanginya.
  2. Kalo meninggalkan kewajiban, maka umrahnya akan tetap sah tetapi meninggalkan kewajiban dapat ditutupi dengan DAM
  3. Jika bersetubuh sebelum tahallul, supaya wajib membayar seekor kambing.
  • Rukun :

Untuk rukun umrah yaitu :

  1. Untuk yang pertama ihram, berniat untuk memulai umrah.
  2. Thawaf
  3. Sai
  • Syarat :

Untuk syarat dalam menggerjakan umrah hampir sama dengan mengerjakan haji, yaitu :

  1. Ada mahram (khusus bagi kaum hawa).
  2. Memilik kemampuan, yaitu adanya bekal dan juga kendaraan, dan juga anggaran.
  3. Keadaan merdeka
  4. Sudah baligh, dan juga berakal.
  5. Dan yang paling penting adalah beragama islam.
  • Jenis-Jenis :

Untuk tipe-tipe umrah, dan untuk yang umum adalah umrah yang dapat digabungkan dengan adanya pelaksanaan haji seperti halnya haji tamttu, ada juga umrah yang berkaitan dengan haji. Yaitu :

  1. Umrah Sunah
  2. Umrah Tamattu’
  3. Umrah Mufradah
  • Tata Cara Cara :

Dalam melaksanakan umrah pasti ada tata caranya kan, maka hal ini harus diperhatikan, yaitu :

  1. Disunahkan supaya mandi besar sebelum pergi ihram untuk umrah.
  2. Supaya memakai pakaian ihram. Untuk laki-laki supaya memakai kain yaitu ada 2 yang satu untuk sarung dan yang satunya lagi untuk selendang, dan untuk wanita supaya memakai pakaian apa saja yang penting menutup aurat dan kalau bisa supaya tidak ada hiasanya dan supaya tidak memakai cadar maupun sarung tangan.
  3. Supaya selalu niat umrah dari dalam hati, ketika sudah sampai di miqot, supaya solat sunnah 2 rokaat lalu mengucapkan doanya. Kemudian supaya bertalbiyah dengan suara yang lantang bagi seorang laki-laki, dan bagi wanita cukup orang yang ada disekitarnya saja yang dapat mendengarnya tidak perlu mengeluarkan suara yang lantang.
  4. Jika anda sudah sampai di kota makkah, supaya disunahkan mandi sebelum memasuki makkah.
  5. Sesampainya di kabbah, talbiyahnya supaya berhenti sebelum melaksanakan thawaf. Dan kemudian menuju hajar aswad sambil menyentuhnya dengan tangan kanan lalu menciumnya jika anda mampu dan mengucapkan bismillahi wallahu akbar. Jika anda tidak dapat menyentuh dan juga menciumnya, supaya cukup memberi isyarat dan mengucapkan Allahu Akbar.
  6. Supaya thawaf sebanyak 7 kali putaran. Untuk 3 putaran supaya berjalan cepat dan untuk sisanya supya berjalan biasa saja.thowaf diawali dan juga diakhiri di hajar aswad dan kabbah supaya dijadikan sebagai bagian sebelah kiri.
  7. Untuk melakukan solat 2 rakaat di belakang maqamnya Ibrahim jika bisa atau di tempat lainnya di masjidil haram dengan cara membaca surat al-kafirun untuk rakaat yang pertama untuk rakaat ke dua supaya membaca surat al-ikhlas.
  8. Untuk sa’I dengan cara menaiki bukit sofa dan supaya menghadap kiblat sambil mengakat ke dua tangan dan juga mengucapkan doanya. Lalu bertakbir sebanyak 3 kali tanpa memberi isyarat lalu mengucapkan doanya. Setelah doanya di baca kemudian berdoa sekehendak anda mau.
  9. Untuk amalan yang nomer 8 supaya dilangi pada tiap putaran pada sisi bukit shofa dan marwah disertai juga dengan doanya.
  10. Sa’I supaya dilakukan sebanyak 7 kali yaitu dengan hitungan berangkat satu kali dan kembalinya di hitung satu kali, supaya diawali dengan bukit shofa dan diakhiri dengan bukit marwah.
  11. Supaya mencukur seluruh atau pada sebagiannya rambut kepala bagi kaum adam dan juga memotong sebatas ujung jari bagi para kaum hawa.
  12. Dan demikian itulah semua ramalan umrah sudah selesai.
  • Keistimewaan Ibadah Umrah :

  1. Ibadah Umrah yang satu kepada Umrah berikutnya adalah Kaffaroh atau penghapus dosa.
  2. Umrah adalah jihad bagi para wanita dan orang yang lemah.
  3. Jamaah Umrah adalah tamu-tamu Allah yang doanya dikabulkan
  4. Wafat saat menjalankan ibadah Umrah pahalanya dicatat sampai hari kiamat.
  5. Ibadah Umrah bisa menghilangkan kefakiran.
  6. Fadillah pahala satu kali Umrah dengan salat dua rakaat di Masjid

Cukup Sekian penjelasan tentang umroh kali ini, semoga ilmu yang saya bagikan kepada anda bisa bermanfaat. AMIN…!!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *